Logo
eMail: info@baguus.com
RSS Feeds
Follow on Twitter
Facebook

Penyakit Hati

April 5, 2011

Macam-macam arti penyakit hati dan sifat buruk manusia :

  1. Iri Hati
    Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.
  2. Dengki
    Dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.
  3. Hasut / Hasud / Provokasi
    Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.
  4. Fitnah
    Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.
  5. Buruk Sangka
    Buruk sangka adalah sifat yang curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.
  6. Khianat / Hianat
    Hianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

 

Penyakit-penyakit ini apabila tidak ditangani dan ditanggulangi dengan baik bisa berakibat buruk pada diri kita. Seperti halnya sakit pada organ tubuh / fisik kita, penyakit hati yang berupa sifat perilaku buruk bisa diobati / disembuhkan dengan obat hati.

Berikut ini adalah beberapa obat untuk menyembuhkan penyakit hati kita :

  1. Tidak Banyak Bicara
    Terlalu banyak bicara dapat membuat hati kita menjadi keras. Berbicaralah yang tidak penting secukupnya dan hindari menjadi orang yang omong besar, omdo / omong doang, pembual, tukang bohong, ghibah, ngerumpi, dan lain sebagainya. Banyak bicara dalam kebaikan boleh-boleh saja seperti untuk mengajar, petugas pelayanan, ngobrol biasa dengan teman, tetangga, keluarga, dan lain sebagainya.
  2. Menjaga Emosi Dan Nafsu
    Emosi dapat membuat hidup menjadi tidak tenang. Oleh karena itu kita sebaiknya selalu menjaga emosi kita agar tidak menjurus ke penyakit hati. Beberapa contoh nafsu yang harus kita tundukkan antara lain seperti nafsu akan harta, nafsu seks, nafsu makan, nafsu jabatan, nafsu marah, nafsu mewujudkan impian, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk melatih emosi dan nafsu kita adalah dengan melakukan ibadah puasa, baik puasa sunah maupun puasa wajib ramadhan.
  3. Selalu Mengingat Allah SWT
    Ada beberapa cara untuk dapat selalu mengingat Allah SWT yaitu seperti dengan rajin sholat baik sholat wajib lima waktu, shalat tahajud, sholat dhuha, solat malam, dan lain-lain. Selain itu zikir, doa dan mengaji atau membaca al-qur’an juga dapat menghindarkan kita dari penyakit hati. Diharapkan dari mengingat Allah SWT kita menjadi takut atas ancaman Allah SWT jika kita melakukan dosa yang disebabkan oleh penyakit hati dan perbuatan maksiat.
  4. Bergaul Dengan Orang Saleh / Soleh
    Dengan berteman dengan orang-orang yang penuh dengan penyakit hati hanya akan menulari kita dengan penyakit-penyakit itu sehingga kita akan semakin jauh dari Allah. Salah pergaulan juga dapat menambah dosa akibat perbuatan maksiat yang baik disadari atau tidak telah kita lakukan. Lain hal apabila kita bergaul dengan orang shaleh yang selalu menjaga dan membatasi diri dalam pergaulan agar mereka tidak terjerumus dalam maksiat.

___________

Sumber: organisasi.org



___________

Related posts:

  1. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh tubuhnya.
  2. Iri hati
  3. Hati Sanubari – HAMKA
  4. Kesucian Hati
  5. Rendah Hati – Imam Asy-Syafi’i

Tags: ,

One Response to Penyakit Hati

  1. [...]                     Sumber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word

About

Koleksi Ilmu dan Pengetahuan, yang mampu menembus yang samar, menemukan sesuatu yang hilang, dan menyingkap yang tersembunyi. Agar Selamat Dunia dan Akhirat.. Aamiin

Hak Cipta

Hak Cipta video, gambar, ilustrasi, photo, tulisan akan kami cantumkan secara proposional bila di ambil dari sumbernya (tidak ada bila tidak jelas sumbernya). Kami tidak akan mencantumkan identitas kami bila memang bukan hak kami. Bila ada hal yang terlupa, kepada pemilik hak cipta yang haknya terlanggar oleh kelalaian kami sudilah mengingatkan...(bepe)

DR. Ibrahim Elfiky

"Lakukan semua kebaikan yang Anda bisa. Kebaikan apa pun yang Anda bisa, dengan cara apapun yang Anda bisa, dalam hal apa pun yang Anda bisa. Kapan pun Anda bisa, kepada siapapun, selama Anda bisa. Imbalannya, puncak Kesuksesan dan kebahagiaan."

Thomas A. Kempis

"Jangan kecewa jika Anda tidak dapat mengubah orang lain seperti yang Anda inginkan, selama Anda tidak mampu mengubah diri Anda sendiri".

baguus on twitter

Rumi

Inilah Cinta: Terbang tinggi ke langit
Setiap saat mencampakkan ratusan hijab
Pertama kali menyangkal hidup (zuhud),
Pada akhirnya (jiwa) berjalan tanpa kaki (tubuh)
Cinta memandang dunia telah raib
Dan tak mempedulikan yang nampak di mata

Rumi

"Jangan kau seperti iblis, Hanya melihat air dan lumpur ketika memandang Adam. Lihatlah di balik lumpur, Beratus-ratus ribu taman yang indah!."

Doa Harian

“Ya Allah, tanamkanlah kecintaan kami kepada iman dan hiasilah hati kami dengan iman. Dan jadikanlah kami benci kepada kekafiran, kefasikan dan kemaksiatan. Dan jadikanlah kami golongan orang-orang yang terbimbing.”

"Demi Allah pencipta Bumi, Langit dan semua diantaranya. Mudahkanlah kami untuk mengurus hal-hal terbaik bagi kami. Hal-hal terbaik yang dapat membersihkan jiwa, hati dan pikiran kami agar lebih bertakwa kepada Mu.
Amiiin." (bepe)